Minggu, 07 Juli 2013

Mushola-Mushola Mall Seputar Medan

tampak dari luar mushola di Medan plaza fair


 kedudukan mushola di mall itu sangat penting bagi saya, di samping buat menjalankan kewajiban ,biasanya buat istirahat sejenak sambil merapikan yang perlu di rapikan. sirkulasi udara yang baik sangat mempengaruhi kenyaman mushola mushola ini. Mushola-mushola di mall memang biasanya terletak di pojok area parkir sebuah mall, mereka terpisah dari mall supaya tidak ada kebisingan ataupun pemandangan orang bersliwar sliwer di sekitar mushola.

Selain buat sholat saya biasanya melihat  di area itu juga buat istirahat alias tidur para karyawan di mall itu, mungkin jam kerja mereka model aplousan kali ya. ada mushola yang memisahkan area istirahat dengan tempat sholat tapi ada juga yang menjadi satu di situ tempat sholat di situ para karyawan tidur. Sebenarnya memang seharusnya di sediakan area istirahat sendiri , di samping tidak menganggu yang sholat tapi juga berguna buat pengunjung di mall yang mempunyai anak bayi karena bisa untuk menyusui ataupun merilekskan si bayi dari kendongan ataupun kereta bayinya.

Saya juga sering membandingkan besarnya mall dan megahnya suatu mall dengan fasilitas musholanya. Harapannya dengan megahnya mall itu juga member fasilitas mushola yang sepadan..
Tulisan ini akan berkembang terus seiring mall yang saya kunjungi dan sempat memfotonya.

THAMRIN PLAZA
nampak depan mesjid di Tamrin Plaza
pemandangan dari sebelah mesjid yang di sukai anakku kereta api lewat
Thamrin plaza sebenarnya mall yang sudah lama menurut saya di lihat dari bangunannya. Maklum saya bukan asli medan jadi sewaktu saya hijrah di medan , mall ini memang sudah ada nian. Mall yang terdiri dari 6 lantai..... seingat saya sich, punya mushola di belakang timezone, maksud saya  kita keluarnya dari pintu sebelah timezone memasuki area parkiran. Lumayan luas dan nyaman menurut saya mushola ini karena terpisah dengan parkiran walau sebenarnya di area tersebut, ada tembok penyekat yang membuat mushola ini Nampak suatu ruangan tertentu. Udara yang cukup baik dan terpisahnya area istirahat dengan mushola membuat nyaman musola ini walau tidak ada toiletnya, yang ada hanya tempat ambil air wudhu.
tempat untuk laki lakinya




SUN PLAZA
tempat wudlu di Sun Plaza

Sun plaza merupakan mall termegah untuk saat ini di wilayah medan, banyak even yang di selenggarakan di mall ini, saya biasanya kalau ke sini untuk noton di 21 atau ke Axeware. Film di 21 sini walau Cuma ada 4 theater biasanya film dari luar dan film Indonesia yang favorit makanya anak anak suka di nonton di sini , kalau untuk film yang biasa biasa ada di mall yang lain. Mushola di sini ada di lantai 2 dan 3, yang ac ada di lantai 2. Sayangnya di sini tidak ada area untuk istirahat jadi kadang saya menjumpai karyawan yang sedang tidur di mushola. Tidak terlalu luas sich menurutku di bandingkan dengan megahnya mall ini, jumlah mukena yang di sediakan juga tidak terlalu banyak. Yang menarik mushola ini ada toiletnya.
ruang sholat di sun Plaza


MEDAN FAIR PLAZA
tempat untuk laki laki di Medan PFair Plaza

Naaahh… di sini memang luas karena di sini pusat jual beli handphone dan adanya carefour dan electronik city, parkirannyapun luas ada yang di halaman bawah dan ada yang di atas gedung. Musholanya ada di atas gedung yang di bikin ruangan sendiri jadi kesannya memang ada niat membuat mushola bukan asal tempel bangunan saja. Luas, sirkulasi udara bagus , area istirahat terpisah dan jumlah mukena yang banyak membuat nyaman mushola ini. Area istirahat di mushola ini paling luas sepanjang mall-mall yang lain, penjaga sepatu dan sandal juga ada di mushola ini. Saya kesini biasanya sering ke electronic city dan carefour, lumayan di electronic city, karena saya pernah mendapat hadiah undian yang besarnya nilai rupiahnya setara dengan jumlah barang yang saya beli, dapat hp Samsung keluaran terbaru pada waktu itu.

tempat untuk perempuan di Medan Fair Plaza


MEDAN MALL
Medan mall ini menarik karena di belakangnya ada pajak(pasar) central, tempat jual beli grosiran, yang terbanyak ya sekitar baju, celan, mukena. Sayangnya mushola ini Nampak Cuma ala kadarnya saja, mana posisi mushola menghadap orang lalu lalang pengunjung pajak central. Udah sempit jalur masuk mushola lewat depan orang sholat, semoga di mallnya dibuat mushola yang nyaman bukan hanya menumpang mushola di pajak central.

4 komentar:

  1. artikelnya menarik dan fresh, membahas seputar mushola di mall. mantap. mampir juga ke blog saya mas di www.yogrosir.com. makasih.

    BalasHapus
  2. BOLAVADA
    Bagi-bagi THR untuk 100 User ID yang tercepat..
    Khusus untuk permainan Multiplayer..
    26 - 27 Juni 2017
    Tunggu apa lagi? Join Sekarang juga..

    Hubungi kami melalui:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    BalasHapus
  3. https://www.facebook.com/ZeusBola/posts/364580827382225
    Dalam Rangka Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439, Zeusbola.com Ada Mengadakan Promo Bonus Referensi Dan Bonus Freebets & FreeChips, Penasaran ? Untuk Info Lebih Lanjutnya Bisa Langsung Kujungi Zeusbola.com

    Untuk Pendaftaran FREE ( Tanpa Biaya apapun ) Hanya Di https://goo.gl/pXTzrP ( KLIK HERE )

    Contact Person Us :
    Whatsap : 0877 7501 9947 ( NEW )
    BBM : ZeusBola
    Line : zeusbola

    BalasHapus