Sabtu, 08 November 2014

MANAJEMEN CINTA KELUARGA



Pengajian Syuhada, Rabu 03/09/2014 by ust.Cinta (ustadrestu.com)
"Majlis Tombo Susah" Giwangan Yk
HP : 08121549121
WA : 085781182967
PIN BB : 76ABE767

MANAJEMEN CINTA KELUARGA

QS. An-Nur 24:26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik. Ukurannya bukan karena dapat perawan atau tidak, tapi dapat wanita yang baik (yg sdh tobat).
Ukuran baik/tidak baik adalah saat ijab kabul. Ketika ijab kabul biasanya dua2 nya baik atau justru dua2 nya tidak baik.
Jika ada pasangan yg salah satunya tidak baik biasanya terjadi setelah menikah.
Misal : dulu suaminya baik, setelah menikah jd tidak baik. Atau dulu istrinya nakal, setelah menikah jd baik/tobat.

QS. Ar-Rum 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Tujuan dari berkeluarga/menikah adalah untuk membentuk keluarga sakinah (ketentraman).
Untuk mencapai sakinah ada 2 jalan, yaitu mawaddah wa rohmah.
★ Mawaddah = cinta yg kelihatan
(phisically): ganteng, cantik, kaya.
Siapa yg menikah krn hartanya ato krn fisiknya akan direndahkan oleh Allah Swt. Biasanya tak akan bertahan lama karena 'rumput tetangga lebih hijau'. Lihat yg lbh ganteng/lbh kaya akan mudah berpindah hati. Padahal 'Urip ki mung wang sinawang'.

★ Rohmah = cinta yg tak nampak
(batiniah): setia, jujur, dermawan, etos kerja tinggi, sabar, dll.

Mempertahankan pernikahan itu tak mudah. Kadang di luar terlihat sakinah tapi di dalam tyt tidak harmonis.
"Sesungguhnya iblis membangun singgasana di atas air & mengutus setan u menggoda manusia. Yg paling membahagiakan iblis adalah setan yg berhasil memisahkan kemesraan suami istri (dibuat cerai)."

Ada 11 macam/model suami al:
- Macan kumbang = diluar hebat, begitu masuk rumah tidak pernah menyentuh istri.
- Unta tua : dagingnya disembelih tidak enak. Suami kalau omong & tingkah lakunya menyakitkan hati. Jadi kalau suami pergi istri malah senang.

Suami jika pergi bekerja dilepas istrinya dgn cinta biasanya di jln jarang kecelakaan, di tempat kerja konsentrasi penuh & tidak terlibat perselingkuhan.

Mawaddah wa rohmah sbg modal dalam pernikahan. Penampilan itu penting. Meski terjadi perubahan fisik tetap hrs dirawat agar tetap rapi, bersih & menarik.

Suami yg sholeh adalah yg lulus S3 :
1. Setia (yg paling susah).
Kelemahan laki2 di mata karena mudah jatuh cinta sedangkan kelemahan wanita di telinga karena senang dirayu.
Doa suami anti selingkuh :
Allohumma inni 'audzubika min fitnatin nissa wa min 'adzabil qobri.
"Ya Alloh aku mohon perlindungan dari godaan wanita & dari siksa kubur."

Wanita itu bisa menjadi fitnah karena menarik dipandang dr depan maupun belakang.

Qun kal doro wala takun kal jago.
"Jadilah seperti doro & jangan menjadi seperti jago."
Maksudnya : jadilah seperti doro yg setia sampai mati, jangan seperti ayam jago yg gak peduli babon siapa saja akan disikat.

Tips untuk menjaga suami setia :
- Tingkatkan kesholehahan kita maka feeling (firosyan) akan semakin tajam.
Wanita sholeha itu feelingnya tajam.
Hati2 dengan firasat orang yang beriman. Dia itu melihat dengan cahayanya Allah.
- Sering musyawarah suami istri min 30 menit tiap hari.

2. Selalu sediakan rezeki yg halalan thoyyiban
Istri hendaknya selalu menanyakan asal usul pemberian suami.
Di neraka kebanyakan penghuninya wanita karena banyak istri yang kurang mensyukuri pemberian suami.
Ada 4 gol yang akan masuk surga pertama kali, salah 1 nya adalah kelompok suami yang walaupun susah tp tetap mencari rezeki yang halalan thoyyiban.
Kalau suami mencari yang tidak halal berarti ia sudah menanamkan api neraka di perut anak istrinya.

3. Sayangi istri seperti menyayangi diri sendiri.
Kalau tidak ingin dikasari jgn kasar.
Memulai segala sesuatu dr suami krn ia sbg kepala keluarga.
Wahai para suami : "Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!”

Agar wanita bisa masuk surga, mintalah kritikan suami.
Siti Muti'ah merupakan wanita penghuni surga krn selalu minta kritikan suami. Dia sediakan cambuk di atas meja makan. Jika suaminya merasa tidak puas dg masakannya maka dia minta dicambuk.

Pekerjaan yg paling bagus itu yg dekat rumah krn kerja tujuannya untuk anak istri.
Kalau terpaksa hrs berjauhan hrs tetap dekat di hati. Berdosa bila sdh jauh tidak kasih kabar.
Berdoalah agar diberi pekerjaan yg dekat dg keluarga.
Al-Baqarah 2:186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Jodoh itu urusan hati.
QS. An-Nisa 4:1

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Jika terjadi konflik ingatlah 4P :
1. Peringatkan
2. Pisah ranjang, jgn pisah rumah.
3. Pukul boleh dg pukulan yg mendidik
4. Panggil utusan dr kel suami istri yg bs dipercaya, bisa dialog & musyawarah dg baik.

QS. An-Nisa 34

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Sesuatu yang halal tp paling dibenci Allah adalah cerai. Intinya agar jgn mudah cerai.
Tapi jika terjadi percekcokan terus menerus di keluarga & semua jalan sdh ditempuh tidak bisa maka cerai dibolehkan sbg jalan satu2 nya.

Jangan takut tidak punya rezeki jika bercerai, karena itu akan jd syirik. Rezeki itu yg atur Allah, bahkan binatang melata pun dikasih rezeki oleh Allah.

QS. An-Nisa 4:130

وَإِن يَتَفَرَّقَا يُغْنِ اللَّهُ كُلًّا مِّن سَعَتِهِ وَكَانَ اللَّهُ وَاسِعًا حَكِيمًا

"Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masingnya dari limpahan karuniaNya. Dan adalah Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Bijaksana."

Dalam keluarga, laki2 itu ibarat kunci, wanita almari harta karun. Jika kunci & almarinya bagus maka baguslah semuanya. Tp kalau kuncinya rusak atatau almari pernah di acak2 orang lain maka hancurlah semuanya.

Poligami
Dalam poligami, ijin istri pertama tidak wajib, tp suami yang membohongi istri itu juga berdosa.

QS. Ali Imron 3:159

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya."

Atas nama kasih sayang dr Allah, jika merasa jengkel jgn sampai engkau ledakkan kemarahanmu. Kalau kau ledakkan maka semua akan hancur.
Bila disakiti suami maka:
1. Fa'fu anhum (maafkanlah)
2. Waghfirlahum (mohonkan ampun).
Krn ketika suami main di belakang, tidak cuma dosa sama istri tapi jg dosa pada Allah.
3. Musyawarah.
Dilakukan dg suami. Istri siri kadang tidak tahu, mungkin dia juga korban suami (suami mengaku masih perjaka/istrinya sdh meninggal)
4. Ambil keputusan.
- jika suami tobat maka terimalah,
- jika suami tidak bs tobat maka cerai baik2,
- jika tidak mau dimadu jg cerai baik2.



2 komentar:

  1. Duh ada promo, kok pada belum tahu ? agen terbaik dan terpercaya B*O*L*A*V*A*D*A
    Yuk chat aku di BBM: D*8*9*C*C*5*1*5 Line: B*o*la*v*a*d*a

    BalasHapus
  2. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)














    BalasHapus