Kamis, 07 Maret 2013

Arung Jeram Bah Bolon



Mengisi kegiatan anak anak libur sekolah banyak macamnya, usahakan kita sebagai orang tua ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Hal itu berguna untuk mempererat hubungan dalam suatu keluarga sehingga di harapkan anak akan dekat dengan orang tua.

Tidak harus mahal dan tidak harus pergi ke tempat yang jauh untuk mengisi waktu liburan. Faktor waktu , dana dan kesempatan harus di pertimbangkan supaya seluruh anggota keluarga ikut terlibat.

Kemarin waktu liburan akhir tahun, anak saya minta kegiatan yang berhubungan dengan air, maka saya ajak keluarga untuk merasakan arung jeram Sie Bah Bolon yang kebetulan tidak jauh dari rumah kita di Tebing Tinggi SUMUT.

Arung jeram Sie Bah Bolon sebenarnya termasuk wilayah Serdang Bedagai, merupakan wisata andalan kabupaten tersebut. Kabupaten Serdang Bedagai berdekatan dengan kotamadya Tebing tinggi, kebetulan lokasi arung jeram tersebut kita tempuh kurang dari satu jam dari rumah saya.
Untuk mencapai lokasi sebenarnya ada dua jalan dari tebing tinggi , bisa melewati perkebunan Pamela atau lewat rumah sakit Pabatu. Saya memilih melewati rumah sakit Pabatu karena lebih dekat dan jalan lebih bagus daripada melewati perkebunan Pamela.

Tujuan kita adalah tempat wisata Ancol, di situ base campnya arung jeram Sie Bah Bolon.  Kita di beri buku panduan tentang paket paket arung jeram, ada yang 6 jam dan ada yang 4 jam lamanya mengarungi sungai. Berhubung saya datang di lokasi sudah siang saya beserta anak anak hanya bisa yang 4 jam. Perlengkapan untuk mengarung juga di siapkan dan di pakai di situ, yaitu baju pelampung ,helm, dayung dan perahu, tidak lupa istruktur sudah siap menemani kita mengarung.

Perjalanan untuk menuju awal start kita melewati perkampungan  yang rata rata pada berjualan hasil kebun mereka terutama buah buahan. Kebetulan pas lewat  musim durian, lebih murah harganya daripada di Tebing Tinggi. Kira kira setengah jam perjalanan , sampailah di desa Huta bayu yang merupakan awal start kita.

Setelah perahu di pompa kita turun ke sungai Bah Tamal. Sungai Bah Bolon itu sebenarnya terbentuk dari dua anak sungai yaitu sungai Bah Tamal dan sungai Bah Kulistik. Pada pertengahan  mengarung kita menjumpai pertemuan dua anak sungai tersebut.

Begitu sampai di tepi sungai kita sudah di suguhi pemandangan yang asri dan alami. Hijaunya daun dan rimbunnya pohon pohon besar seakan akan memanjakan mata kita untuk selalu mengagumi ciptaan Tuhan. Kanan kiri sungai banyak di tumbuhi pohon pohon besar yang sudah berumur lama, sehingga daunnya di atas sungai menghambat sinar matahari ,jadi kita tidak kepanasan di siang hari.

Kita di beri pengarahan tentang tehnik dasar mendayung dan upaya penyelamatan ketika kita terjatuh di sungai serta di awali dengan berdoa sebelum kita memulai petualangan mengarung,

Awal menyusuri sungai kita menikmati panorama sepanjang sungai , kanan kiri kita adalah tebing batu yang membuat kita berdecak seakan akan kita berada di grand canyon. Batu batu itu seperti di ukir  padahal karena pengaruh pengikisan air saja. Ada juga batu yang meyerupai katak. Tidak begitu lama kita mengarung kita di suguhi pemandangan air terjun yang kira kira tingginya 10 m, air terjun itu di namai air terjun Bagula, sedap sekali berada di bawah air terjun itu seperti di pijat. Sebenarnya banyak air terjun yang akan di jumpai kalau kita yang mengikuti paket 6 jam, tak terbayangkan indahnya pemandangan kalau aku melihatnya.

Menurut instruktur kita sungai Bah Bolon memiliki beberapa jeram yang di namai  dan ada levelnya juga , seperti jeram Mikey level 2, jeram Sihorbo level 3, jeram ngehek level 3+ dan jeram roll coaster level 2 dan 3, dan masih banyak lagi jeram lainnya.

Semua nama jeram itu di sesuaikan dengan keadaan jeram dan yang di rasakan ketika kita mngaruhi jeram itu. Seperti jeram ngehek, jeram itu mampu membalikan perahu, sedang jeram roller coaster karena  memiliki arus sungai yang tidak terputus putus  seperti permainan rolling coaster. Kedalaman sungai yang bisa mencapai 6 m membuat kita bisa terjun ke sungai dari tebing. Kita tidak takut tenggelam karena kita di lengkapi dengan baju pelampung.


Sepanjang perjalanan kita masih banyak menjumpai pemandangan orang mencuci pakaian dan mandi di sungai. Masyarakat masih memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari hari. Air sungai memang masih jernih sekali dan masih banyak mata air di sepanjang sengai. Penambang pasir dan batu kerikil juga biasa kita jumpai selama mengarungi sungai. Di pertengahan jalan tepatnya di pertemuan anak sungai Bah Tamal dan  Bah Kulistik kita berhenti sejenak untuk istirahat  menikmati bekal kita dan memberi kesempatan anak kita bermain di sungai. Berendam di sungai yang jernih dan airnya yang dingin membuat badan kita segar luar biasa, bisa menghilangkan penat dan stress kita.

Separo perjalan lagi kita tetap semangat untuk menaklukan jeram jeram yang ganas sambil melihat pemandangan sepanjang sungai, monyet dan bunga angrek bisa kita jumpai sepanjang sungai. Tak terasa sudah sampai di Ancol awal kita datang tadi. Setelah mandi dan berganti baju , kita sudah di siapkan makan nasi beserta ayam goring yang menggugah selera kita karena energi kita sudah terkuras dalam petualangan mengarungi jeram jeram tadi.

Semoga saya masih di beri kesempatan untuk berwisata mengarungi sungai Bah Bolon lagi , belum puas rasanya waktu itu.

9 komentar:

  1. Mba nanya klo dari bandara medan aksesnya gimana naik apa, trus apa ada penginapan murah disana. Rencana mau ngebakpack kesana...

    BalasHapus
  2. mau ngebakpack di medan nii.. dari bandara bisa naik damri 15 rb kayaknya, kalau kereta api 80 rb , bisa juga taksi kira kira 130 rban. Itu semua sampek kotanya medan, setahu aku hotel murah banyak cuma bukan "hotel bersih", yang agak lumayan hotel semarak jl sisingamangaraja

    BalasHapus
    Balasan
    1. rencana mau k sana tgl 21 atau 28 Des '13 .mohon utk info no tlp yg bisa d hubungi ? trims

      Hapus
    2. Maaf baru buka, sebenarnya ada fbnya mrk dg nama ancol arung jeram , kontak 081265588923

      Hapus
  3. "Buat Anda Yang Pecinta "" GAME "",
    BOSAN !!!!!

    Anda Bermain "" GAME "" Yang Tidak Bisa Menghasilkan Uang...
    Kami Disini Memberikan "" TIPS "" Buat Anda, Agar Anda Tidak "" Menyesal "",
    Karena "" GAME "" Ini Dapat Berikan Uang Yang Banyak Kepada Anda, Bahkan Sampai ""PULUHAN JUTA""...
    Bahkan "" GAME "" Ini, Ada ""PROMO BUAT ANDA SEMUANYA"", Pengen Tahu "" GAME "" Apa Itu ???
    (PIN BBM : 7AC8D76B)"













    BalasHapus
  4. "Buat Anda Yang Pecinta "" GAME "",
    BOSAN !!!!!

    Anda Bermain "" GAME "" Yang Tidak Bisa Menghasilkan Uang...
    Kami Disini Memberikan "" TIPS "" Buat Anda, Agar Anda Tidak "" Menyesal "",
    Karena "" GAME "" Ini Dapat Berikan Uang Yang Banyak Kepada Anda, Bahkan Sampai ""PULUHAN JUTA""...
    Bahkan "" GAME "" Ini, Ada ""PROMO BUAT ANDA SEMUANYA"", Pengen Tahu "" GAME "" Apa Itu ???
    (PIN BBM : 7AC8D76B)"













    BalasHapus
  5. Mari Bergabung Bersama Kami Di AGENJUDIONLINE
    Hanya Dibolavita Memberikan Berbagai Bonus Dan Promo
    Kali ini Kami Ada Memberikan Bonus 50% Dan Bonus Member baru 25.000 Untuk 1.000 User Id Yang Beruntung
    Need More Info?
    Bbm : D8C363CA / BOLAVITA
    WA : 081377055002

    BalasHapus