Rabu, 20 Maret 2013

Taman Semalem Resort




Melihat danau Toba dari dekat ?.... itu hal yang biasa sensasinya , tapi apa jadinya kalau kita melihat dari atas sehingga hampir keseluruhan danau Toba kita bisa melihatnya…..Mmmmm itu baru luar biasa rasanya. Subbahanallah, betapa mengagumkan ciptaan Allah.

Dari manakah kita bisa melihat danau toba dari atas ? salah satunya dari tempat wisata Taman Semalem Resot, sebuah kawasan wisata  di bangun secara modern yang menjadi salah satu andalan wisata propinsi Sumatera Utara. Taman Semalem Resot merupakan ekowisata  terletak di perbukitan barat laut danau Toba, sebuah danau vulkanik  terdalam di dunia. Waktu yang di tempuh dari kota Medan 3- 4 jam , atau 45 menit dari kawasa wisata Berastagi.  Kawasan wisata ini terletak antara Merek dan Sidikalang, dengan luas 206 ha. Dengan ketinggian 1500 meter, lebih dari 25 ha di Tanami buah buahan khas Sumatera Utara.

Sebenarnya saya dan keluarga mulanya tidak tahu pasti letak Taman Semalem Resort itu di mana persisnya . Kita hanya berbekal info letaknya di jalan antara Siantar dan Karo ada simpang Merek belok ke kiri . Untuk mendapatkan simpang merek kita harus tanya beberapa orang di jalan yang ternyata banyak yang tidak tahu. Ternyata ada kesalahan menyebut kata merek yang ku ucapkan. Aku lafalnya seperti mengucap kata merk ternyata harusnya merek, pantes banyak yang gak tahu simpang Merek.

Kawasan wisata ini tergolong mewah dan megah  tentu saja membutuhakan modal yang besar untuk mewujudkan kawasan ini . Kawasanan ini di kembangkan oleh perusahaan swasta PT Merek Indah lestari dan bekerjasama dengan Nexus Investment asal Singapura.

Perjalanan menuju wisata itu sungguh menyenangkan. Sepanjang kanan kiri jalan kita melewati perkebunan sayur sayuran dan buah buahan dan ada juga tanaman rempah rempah khas Indonesia seperti cengkeh dan lada. Ada kalanya kita menjumpai petani yang lagi memanen hasil kebunnya sehingga kita menyaksikan wortel, kol, kentang dan lain sebagainya di tumpuk di pinggir jalan siap mau di angkut untuk di jual. Tanaman buah yang biasa di tanam di daerah situ adalah jeruk dan markisa  memang merupakan buah khas Sumatera Utara. Memang daerah yang kita lewati adalah daerah perbukitan jadi pasti kita menjumpai bukit bukit dengan keelokannya, ada jenis bukit banyak batu batu besar dan ada  banyak pohon pohon  besar.
Setelah kita menjumpai simpang Merek kita belok ke kiri untuk menuju taman semalem resort. Jalan ini merupakan jalur menuju daerah Sidikalang. Kurang lebih setengah jam kita menjumpai pintu gerbang Taman semalem Resort yang letaknya sebelah kiri jalan. Memasuki kawasan ini di kenakan biaya yang di hitung per mobil bukan per kepala, satu mobil kena 200 ribu rupiah, akan berbeda tarif kalau bus yang masuk. Kita di situ juga mendapatkan peta kawasan wisata itu serta sedikit penjelasan dari securitynya.

Dengan jalan yang berkelok dan kanan kiri ada lampu jalan yang unik serasa kita berjalan memasuki suatu istana. Tak lama kemudian kita menjumpai air mancur yang bulat yang merupakan sentral arah menuju lokasi lokasi yang ada di taman tersebut.

Dari air mancur itu ada 3 jalur yang menuju kawasan wisata yang berbeda beda. Kalau kita belok kiri itu menuju wihara yang megah, kalau kita belok ke kanan kita akan menjumpai restaurant , agro wisata, puncak Garuda. Arah lurus itu menuju kafe, theater terbuka yang seru karena latar belakangnya danau Toba. Di tawarkan juga trakking menuju air terjun kembar . Saya belum mencoba trakking tersebut, katanya ada fasilitas campingnya juga.  Tempat memandang danau Toba bisa dari area parkiran mobilyang juga merupakan titik pusatnya Taman Semalem Resort. Di taman kawasan ini juga menyediakan fasilitas mushola yang bagus juga dengan kamar mandi yang bersih .

Untuk menuju puncak Garuda lumayan serem jalannya, berkelok kelok dan menanjak, kelokannya tajam lagi, banyak berdoa dan berharap tidak berpapasan dengan mobil yang arahnya mau turun dari puncak aja . Tapi begitu sampai di puncak garuda..wwoow sungguh mataku di manjakan pemandangan danau yang super luas dengan biru airnya ,di kitari bukit bukit yang menjulang tinggi serta suara monyet yang terdengar dari puncak. Tak akan bosan melihat danau Toba dari atas puncak, sesekali kita bisa melihat perahu yang berlayar di danau. Viewnya bagus untuk sesi pemotretan, sayang kalau di lewatkan.

Di puncak tersebut berbentuk tanah lapang jadi sebenarnya nyaman sekali buat kita istirahat sambil menikmati bekal makanan yang kita bawa. Anak anak juga bisa main lari lari dan foto foto.
Di dalam kawasan ini juga tersedia penginapan  cukup nyaman , sebelum memasuki wilayah penginapan kita melewati taman burung. Banyak burung menjadi penghuni taman burung tersebut dan ada info tentang jenis jenis burung yang di tempelkan sepanjang taman burung tersebut. Sebelah kanan taman burung mengalir sungai yang airnya amat dingin. Di pinggir sungai di sediakan tempat untuk istirahat . Dengan beralas tikar mereka duduk duduk di situ sambil menikmati bekal makanan yang di bawa dari rumah.

Saya sudah dua kali ke kawasan wisata ini tapi belum juga semua fasilitas saya nikmati, rasanya satu hari tidak cukup untuk menikmati Taman Semalem Resort. Suatu saat pasti saya akan mencoba tracking dan camping di sana.

Makan siang kita putuskan untuk makan di Tongging sebuah tempat makan yang berada di pinggir danau Toba. jalan menuju Tongging lumayan juga seremnya, ada kelokan tajam yang berjumlah 9 kelok yang biasa di sebut "kelok9''. Selama di kelokan itu hati ini rasanya mau copot, tahan nafas terus kita karena takut rem mobil kita tidak terkendali. Ada air terjun juga sepanjang kelokan tersebut, lumayan tinggi air terjunnya, sayang kita gak sempet foto. Rasa deg degkan nurunin bukit terbayarkan setelah kita menikmati enaknya nasi merah dengan ikan emas di masak arsik. Nikmat mana yang kamu dustakan.

4 komentar:

  1. kapan2 saya diajak ya jeeeng., pengin tenan lhoooo

    BalasHapus
  2. insya allah buneeee, semoga keinginan kita tuk jumpa terkabul

    BalasHapus
  3. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)













    BalasHapus
  4. Mari Bergabung Bersama Kami Di AGENJUDIONLINE
    Hanya Dibolavita Memberikan Berbagai Bonus Dan Promo
    Kali ini Kami Ada Memberikan Bonus 50% Dan Bonus Member baru 25.000 Untuk 1.000 User Id Yang Beruntung
    Need More Info?
    Bbm : D8C363CA / BOLAVITA
    WA : 081377055002

    BalasHapus