Rabu, 08 Mei 2013

Empek Empek Ala Samajanad



Pertama kali di kenalkan cara bikin empek empek dari mertuaku, kebetulan mertua hobinya memasak. Empek empek memang makanan yang di sukai keluarga, jadi sangat berguna kalau saya bisa menguasai cara bikin sendiri makanan itu.

Awalnya saya pikir ikan tengiri yang merupakan bahan pokoknya bisa di dapat di mana mana . Ternyata ketika aku tinggal di Sulawesi , tidak menjumpai si tengiri nengkreng di pasar. tongkol dan bandeng mendominasi lapak lapak di pasar. Alhasil saya coba membikin empek empek dari ikan tongkol,. pandai pandainya saya kali ya ikan tengiri di ganti ikan tongkol. Serat tongkol yang lebih kasar dan keras daripada tengiri mempengaruhi hasil menurutku. Belum seperti yang kuharapkan hasilnya padahal di tempat tinggalku tidak ada yang jualan empek empek, maklum waktu itu aku tinggal agak pelosok.

Semangat untuk bisa bikin empek empek sesuai dengan yang kuharapkan tidak surut karena aku belum bisa menghasilkan seperti yang ku mau. Kebetulan dari Sulawesi aku pindah di Sumatera yang tengiri kadang muncul di pasar. memang tengiri itu tidak setiap saat ada ,mungkin ada jadwal berenangnya menuju Sumatera Utara kali ya......

Di Sumatera saya bertemu ibunya teman saya yang asli Palembang yang kebetulan hobi memasak juga. Naahh... kesempatan itu tidak aku sia siakan , aku culik ibu itu ke rumahku dan kusediain bahan bahan untuk membuat empek empek. Dari ibu itu aku lebih ngerti cara bikinnya dan ada yang baru tahu yaitu "omak'. Omak adalah adonan air dan tepung terigu yang di masak di atas api sebagai bahan pelembutnya empek empek kata ibu tadi. Jeleknya saya selalu mengandalkan feeling ketika membikin empek empek, tidak memakai takaran menurut timbangan jadi saya agak kesulitan kalau ingin berbagi cara bikinnya .

Saya akan coba berikan langkah langkah membikin empek empek ala saya ya....
Langkah awal :
Taruh air plus garam secukupnya di penggorengan untuk mencampur tepung terigu kira kira 2 ons, aduk dulu, setelah tercampur baru nyalakan api, aduk hingga mengental , sisihkan
Langkah selanjutnya :
Ambil ikan tengiri, belah bagi dua, hilangkan kotorannya, cuci kemudian kerok dagingnya pakai sendok. setelah semua terkerok dagingnya lalu cacahlah daging tengiri tadi samapai halus. Sebenarnya bisa kita gunakan blender ,namun saya lebih suka di cacah pakai pisau besar lebih praktis aja menurut saya karena jumlah daging yang di cacah tidak terlalu banyak. Kalau sudah di cacah tambahkan air dan garam, dengan perbandingan 3 : 1 tentu saja daging lebih banyak daripada air ya....
langkah selanjutnya :
siapkan tepung kanji ( pilih kanji yang bagus ya ), omak dan daging tadi. ambil sedikit omak , daging dan tepung kanji , campurkan untuk menjadi satu bentuk empek empek. adonan tidak lengket dan juga tidak keras adalah tips yang harus di kuasai. jangan terlalu banyak tepung kanji , nanti akan keras jadinya. Bikin satu persatu bentuk empek empek . kalau sudah jadi semua maka rebus adonan yang sudah di bentuk tadi. empek empek yang sudah mengambang di permukaan itu tandanya dia sudah matang. angkat tiriskan.
Langkah selanjutnya :
Kita bikin kuahnya. rebus gula merah , air, asam jawa dan garam, biarkan sampai gula hancur. haluskan cabe merah dan cabe kecil atau menurut selera aja cabenya dan bawang putih. oh iya tips dari ibunya teman saya itu bawang putih jangan di kupas karena akan mempengaruhi kesegaran si kuah tadi, setelah gula hancur baru masukkan gilingan cabe ini kemudian saring. berdasarkan pengalaman saya rasa kuah itu akan terasa pas kalau sudah di biarkan mendingin, dia beda rasanya selagi masih panas.
Langkah selanjutnya :
Potong empek empek sebelum di goreng kemudian siram dengan kuah atau cocolkan taruh timun juga ya .

Semoga bermanfaat buatku dan yang membaca tulisan ini :)

1 komentar:

  1. www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (PIN BBM : 7AC8D76B)














    BalasHapus